Manfaat Peregangan Otot

Tubuhnya fleksibel. Itu harus fleksibel. Anda harus bisa menekuk dan mencapai sesuatu yang Anda jatuhkan ke lantai. Anda harus bisa menutup sendiri bagian belakang gaun favorit Anda. Anda harus bisa meraih buku yang harus Anda baca di rak paling atas.

Ini adalah kegiatan sederhana. Tidak ada yang hebat tentang mereka, Anda hanya berbaring sedikit. Namun, jika sulit untuk melakukan gerakan sederhana seperti itu, maka Anda perlu mendorong batas Anda. Anda sudah membutuhkan program peregangan.

Apa itu peregangan?

Peregangan hanyalah meregangkan seluruh panjang tubuh atau hanya sebagian saja. Kegiatan ini melibatkan meluruskan atau meregangkan struktur atau anggota badan.

Bagaimana cara meregangkannya?

Peregangan cukup mudah. Seperti disebutkan dalam pendahuluan, itu terlibat dalam kegiatan normal. Bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia.

Namun, tingkat peregangan dan pembengkokan berbeda. Otot-otot mengencang seiring bertambahnya usia seseorang. Kisaran gerakan sendi dapat diminimalkan. Ini bisa sangat menghambat gaya hidup saat bepergian. Itulah sebabnya seiring bertambahnya usia, membungkuk atau membungkuk menjadi lebih terbatas. Inilah sebabnya mengapa peregangan teratur, sebagai bagian dari rutinitas, sangat penting.

Peregangan sederhana bisa dilakukan setiap hari. Hal ini dapat disesuaikan dengan gaya hidup dan aktivitas sehari-hari. Ini tidak memakan banyak waktu Anda.

Latihan peregangan juga bisa dilakukan saat latihan. Peregangan sebenarnya merupakan bagian penting dari setiap latihan atau olahraga. Itu harus dilakukan terlebih dahulu sebelum hal lain. Peregangan tubuh dan anggota badan merupakan persiapan yang baik untuk aktivitas yang lebih berat.

Kebanyakan atlet akan duduk dan meraih, duduk di lantai, meregangkan kaki mereka dan mencapai ujung kaki mereka dengan ujung tangan mereka. Faktanya, sebagian besar pelatih mengharuskan atlet mereka untuk benar-benar melakukan peregangan sebelum bermain.

Sebenarnya ada jangka waktu yang ideal dalam melakukan peregangan. Yang terbaik adalah melakukannya dalam 10 menit. Ini memberi tubuh banyak kesempatan untuk bergerak dan melenturkan otot, mempersiapkannya untuk gerakan yang lebih rumit dan berat.

Namun, para ahli akan mengerutkan kening jika mereka pergi lebih jauh dari 10 menit. Peregangan latihan hingga 30 menit atau lebih akan membuat tubuh lelah. Ini tidak akan bermanfaat jika seseorang sedang mempersiapkan permainan.

Apa manfaat peregangan?

1. Tingkatkan Rentang Gerak
Dengan terus-menerus melakukan latihan peregangan, panjang otot dan tendon juga bertambah. Ini akan membantu meningkatkan jangkauan gerakan Anda. Hal ini memungkinkan anggota badan dan persendian untuk bergerak jauh sebelum cedera dapat terjadi. Anda pasti sehat secara fisik.

2. Peningkatan Kemampuan untuk Melakukan Keterampilan
Jika Anda memiliki banyak kebebasan bergerak, Anda dapat melakukan lebih banyak hal. Misalnya, Anda bisa melompat tinggi tanpa merasa sakit saat mendarat kembali di tanah. Ini juga akan membantu Anda memulai olahraga baru atau meningkatkan lebih banyak jika Anda bermain olahraga. Peregangan dalam hal ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki gaya hidup yang lebih aktif.

3. Pencegahan Cedera
Peregangan dapat mencegah cedera pada sendi, tendon, dan otot. Ketika otot dan tendon tertekuk dengan benar, mereka dianggap dalam kondisi baik. Ini akan membantu pemulihan yang lebih cepat dan mengurangi rasa sakit. Otot-otot tubuh akan mampu melakukan gerakan yang lebih melelahkan dan keras dengan kemungkinan cedera yang lebih kecil.

4. Mengurangi Ketegangan Otot
Jika otot mendapatkan latihan dan peregangan teratur, mereka cenderung berkontraksi. Ini pasti akan membebaskan Anda dari sakit atau nyeri otot.

5. Meningkatkan energi
Dengan bisa lebih banyak bergerak, Anda juga mendapatkan lebih banyak energi. Peregangan juga membantu meningkatkan kesadaran Anda, seperti mengetahui bahwa Anda memiliki tubuh yang mampu melakukan banyak hal. Dengan demikian, Anda akan lebih terpacu untuk bergerak ketimbang merajuk di tikungan.

6. Mengurangi Kolesterol
Penelitian juga menunjukkan bahwa latihan peregangan yang berkepanjangan, seperti yoga, membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini tentu saja harus dilakukan dengan pola makan yang sehat. Ini dapat mencegah dan bahkan membalikkan pengerasan arteri, membantu Anda menghindari penyakit kardiovaskular.

Integrasikan peregangan ke dalam gaya hidup Anda sehari-hari. Ini memiliki manfaat yang tidak bisa Anda tolak. Tidak butuh banyak juga. Ini mungkin kegiatan Anda yang biasa, membungkuk dan membungkuk sesekali. Bagaimanapun, kebugaran Anda adalah segalanya, jadi lakukan apa pun untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.