Kini Saatnya Tanpa Uang Tunai
picture from: freepik.com

Kini Saatnya Tanpa Uang Tunai

Banyak yang percaya bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi tidak akan ada orang yang membawa uang tunai di kantong mereka dan semuanya akan dibeli dengan menggunakan plastik. Yang lain berpikir itu akan terjadi sekitar waktu yang sama ketika orang mulai berkeliaran di mobil luar angkasa atau ketika pembantu rumah tangga robot dijinakkan untuk membersihkan rumah dan makan. Nyata atau tidak, dalam masyarakat kita adalah mungkin untuk hidup hampir tanpa uang tunai!

Pikirkan tentang itu. Dalam hal pengisian bahan bakar, hampir setiap pompa bensin memiliki opsi pompa berbayar. Anda dapat menggunakan kartu kredit atau debit Anda di toko grosir, department store, dan hampir di mana saja ada kasir, dan Anda juga dapat memberi tip kepada pelayan dengan kartu saat Anda makan di restoran. Makanan cepat saji dan drive take-through sekarang juga menerima kartu debit atau kredit! Jadi, jika seseorang benar-benar ingin berhenti membawa semua uang tunai, hampir tidak mungkin menggunakan kartu debit, prabayar, atau kartu kredit biasa untuk memproses semua transaksi keuangannya.

Seperti semua opsi, ada pro dan kontra yang terkait dengan pendekatan “tanpa uang tunai”. Transaksi langsung diharuskan menggunakan uang tunai. Anda tidak boleh mengirimkan uang tunai melalui layanan pos. Ini karena uang tunai mudah dicuri dan Anda tidak dapat menggunakan uang tunai untuk membeli secara online. Namun, uang tunai membantu Anda tetap anonim saat membeli barang atau membayar layanan. Kartu kredit memberi Anda informasi tentang penjual yang tidak Anda inginkan. Privasi menjadi perhatian, dan penggunaan plastik berpotensi menimbulkan penipuan atau pencurian identitas.

Masalah yang dihadapi banyak orang dengan kartu kredit adalah pengeluaran yang berlebihan. Ketika Anda melihat uang hasil jerih payah Anda meninggalkan tangan Anda tanpa menghitung uang sungguhan, sangat mudah untuk membelanjakan lebih dari anggaran Anda. “Saya akan membayar Anda nanti” jauh lebih mudah daripada menyimpan uang untuk pembelian mahal, dan dalam banyak kasus Anda mengalami masalah yang mencegah Anda membayar jumlah penuh ketika “nanti” benar-benar tiba. Namun, Anda cenderung tidak menjatuhkan kartu Anda ke lantai saat mengeluarkan salah satu kartu kredit Anda yang lain, seperti yang sering terjadi dengan uang tunai saat melakukan pembelian menggunakan plastik. Pernahkah Anda secara tidak sengaja menjatuhkan dua lembar uang lagi sambil berdiri di belakang seseorang di barisan toko kelontong dan meraih dompet atau dompet Anda seharga $20? Kehilangan uang berarti hilang selamanya (kecuali orang yang benar-benar baik melihatnya dan mengembalikannya!), tetapi ada lapisan keamanan ekstra jika kartu kredit Anda dicuri.

Kelemahan terbesar dari cashless adalah jumlah bunga yang akan Anda bayarkan jika Anda tidak membayar saldo di akhir setiap bulan. Sangat nyaman untuk menggesek kartu Anda ke mana pun Anda pergi, tetapi senang bisa menutupi kartu Anda dengan cukup baik ketika pernyataan Anda masuk.

Memutuskan apakah akan membawa uang tunai atau pergi “bebas uang tunai” adalah keputusan pribadi untuk saat ini karena kami masih memiliki kemampuan untuk menggunakan keduanya. Sulit untuk mengatakan apakah kita akan dipaksa untuk hanya menggunakan plastik, tetapi jika perusahaan kartu kredit melakukannya, kita akan menjadi masyarakat tanpa uang tunai! Sementara itu, biasakan diri Anda dengan pro dan kontra dari setiap opsi dan putuskan opsi mana yang sesuai dengan kebiasaan dan disiplin keuangan pribadi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.